Selasa, 29 Mei 2012

Asal Usul Lontong Tuyuhan Kabupaten Rembang


Asal-usul lontong tuyuhan yang diceritakan oleh salah satu pedagang yaitu Bapak Katemin.
Menurut beliau asal-usul Lontong Tuyuhan ini tidak lepas dari sosok Sunan Bonang yang bernama asli Raden Makdum Ibrahim.
Pada saat itu beliau sedang menyebarkan agama islam di daerah Rembang, dalam proses penyebaran agama islam Sunan Bonang bertemu dengan Blancak Ngilo yang selalu memusuhi beliau. Karena dengan cara halus tidak mempan, akhirnya Sunan Bonang menggunakan cara keras. Dimanapun Blancak Ngilo berada Sunan Bonang selalu memburunya.
Suatu ketika Blancak Ngilo sedang makan opor ayam dengan lontong di tengah sawah, dan dipergoki oleh Sunan Bonang.Akhirnya Blancak Ngilo pun lari terbirit-birit ketakutan, sampai Blancak Ngilo tanpa disadari kencing dicelana. Melihat adegan ini dan untuk mengenang daerah tersebut, Sunan Bonang mengatakan bahwa kelak bila jaman sudah ramai, daerah tersebut akan bernama tuyuhan, yang merupakan kata serapan dari bahasa jawa yaitu uyuhan atau tempat Blancak Ngilo lari ketakutan hingga terkencing-kencing.
Cerita legenda tersebut sudah turun temurun dipercayai oleh masyarakat sekitar sampai sekarang.Dan itulah alasannya mengapa disebut lontong tuyuhan, karena masakan ini berasal dari Desa Tuyuhan. Para warga meyakini bahwa lontong hanya akan terasa enak jika dimasak dengan air Desa Tuyuhan.
Sebelumnya Lontong Tuyuhan disebut dengan Lontong Balap, karena pada saat para penjual berangkat untuk berjualan, mereka jalan beriring-iringan seperti orang balapan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar