Sabtu, 21 Desember 2013

Pencarian Informasi


Pencarian informasi adalah proses pemilihan informasi dari sebuahpenyimpanan. Proses ini menjadi semakin bergantung pada mekanisme fisika - khususnya, pada komputer-komputer dan alat-alattelekomunikasi-dan rancangansistem pencarian informasi yang berdasar pada perangkat fisika yang telah menjadi suatubagian penting dari teknologi informasi yang diterapkan. Dalam bab ini kami sajikan tinjauanringkas yang sebenarnya dari praktek pencarian informasi. Sebagai latar belakang untuk dua bab orientasimasalahberikut.
5.1 Entitas yang disimpan dan dicari
Informasi yang diperlukan oleh penyelidik mungkin faktual dan konseptual -nilai dari ciri fisik, rincian dari metode teknis, deskripsi perangkat, sebuah aquation untuk hubungan antar variabel-variabel, ide-ide di balik teori fisika, dll. Dengan demikian fakta dan ide-ide dapat benar-benardiserap, keduanya  menjadi informasi bagi penerima.
Di lainsisi, informasi yang disimpan dalam sistem pencarian merupakan dalam bentuk berurutan, catatan fisika berhubungandengantanda-tandagrafis(nomor, teks, gambar, dll) yang membawa konten yang penuharti bahwa penerima dapat mengartikannya. Catatan dalam sistem pencarian bermacam-macam, misalnya:
1.      Data kuantitatif dan kualitatif tentang variabel-variabel penting;
2.      Teks (termasuk ilustrasi) pada setiap jenis subjek;
3.      Gambar, grafik, diagram, peta, dan materi-materi grafis lainnya;
4.      Program komputer;
5.      Deskripsi objek -misalnya, mineral, peralatan laboratorium, peralatan industri;
6.      Nama dan lokasi – meliputi orang, lembaga, produsen;
7.      Referensi bibliografi -yaitu penunjuk identitas dan lokasi teks di mana salah satu dari jenis di atas mungkin informasi akan dapat ditemukan.
Proses total pencarian informasi sering dilakukan dengan beberapa tahap. Untuk memberikan contoh yang kompleks, sebuahpencarianuntuk beberapa data kuantitatif pada ciri-ciri bahan yang dhasilkan mungkin memerlukan serangkaian langkah-langkah:
1.      Cari bibliografi untuk referensi teks-teks tentang materi;
2.      Tentukan teks dan temukan salah satu yang memberikan nama produsen dansatulagi yang menyebutkan basis data komputer yang berisi data pada bahan;
3.      Cari direktori untuk menemukanprodusen dan basis data;
4.      Hubungi produsen dan terima brosur yang berisi data yang relevan;
5.      Akses basis data dan ambil data lebih lanjut
Olehkarenaitupenyimpanandanpencarianentitasadalah 'pesan' dari jenis yang ditunjukkan di atas.Tergabung dalam setiap pesan merupakansatu petunjukatau lebihatau 'istilah indeks' dimana isi dari pesan tersebut ditandai dan melalui istilahtersebutmungkindapat diambil.
Masalah teknis daripencarian informasibersangkutan dengan penyusunan yang efisien dari pesan-pesan simpanandan pilihan serta manipulasi kunci pencarian. Keanekaragamandan kerumitan masalah ini telah meningkat dengan perkembangan sistem pencarian yang berdasarkan pada komputer.



Bibliografi
Vickery, Brian & Vickery, Alina. 1987. Information Science: in Theory and Practice. London: Butterworth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar